≡ Menu

Tempat Wisata Pantai di Pulau Maluku Ambon Yang Eksotis

Benteng Amsterdam

Tempat Wisata di Pulau Ambon Maluku – Kota Ambon merupakan ibu kota Maluku, didukung dengan adanya pegunungan hijau subur dan juga menghadap ke laut yang airnya jernih, beserta terumbu karang yang beraneka warna, dan juga spesies laut yang tidak terhitung jumlahnya. Walaupun ukurannya kecil, Pulau Ambon menawarkan banyak sekali pengalaman untuk wisatawan petualang. Dari menelusuri Kota Ambon yang menakjubkan, berikut adalah Tempat wisata di ambon diantaranya:

Wisata Nusa Pombo – Pulau Maluku Ambon

Nusa Pombo

Nusa Pombo dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dari pelabuhan Ambon memakai speed boat. Pulau itu tidak berpenghuni, hingga Anda sebaiknya membawa perbekalan makanan juga minuman secukupnya. Bila ingin menginap, Anda dapat mendirikan tenda di sana. Jangan lupa tuk membawa perlengkapan untuk berkemah Anda serta bersiaplah tuk melakukan petualangan di sana.

Berbagai kegiatan yang dapat Anda lakukan disana diantaranya berenang, snorkeling, menyelam, dan trekking menjelajahi pulau. Pulau Nusa Pombo terkenal memilliki pemandangan alam bawah laut yang sangat kaya, sehingga banyak para pecinta diving yang berkunjung ke tampat ini.

Wisata Pantai Liang – Pulau Maluku Ambon

Pantai Liang

Pantai yang juga dijuluki Pantai Hunimua ini sempat dinobatkan oleh PBB menjadi pantai terindah di Indonesia di tahun 1991. Tentunya hal ini bukan tak beralasan, obyek pariwisata di Ambon ini mempunyai hamparan pasir putih bercampur dengan air jernih kebiruan, seingga anda tak akan merasa bosan berada disana.

Ombak di pantai ini tak terlalu besar hingga cocok tuk bermain air. Bila tak ingin basah, Anda dapat berjemur dipasirnya yang landai. Selain itu, sederetan pohon rindang di tepi pantai dapat Anda gunakan bagi berteduh sekaligus menikmati kuliner disana. Tempat wisata ini berada di Desa Liang, Kec Salahutu, atau kurang lebih 40 kilometer dari pusat kota. Untuk dapat masuk Pantai Liang, Anda wajib membayar 16.000 Rupiah.

Wisata Pantai Natsepa – Pulau Maluku Ambon

Pantai Natsepa

Di Pantai Natsepa airnya sangat jernih seingga kita bisa melihat ikan-ikan kecil berenang. Bukan cuma itu, jika anda ingin merasakan sensasi memancing dilaut anda bisa menyewa perau dengan biaya 25.000 perjamnya.

Kalau anda tidak suka memancing berlama-lama anda bisa membeli ikannya langsung ke pasar ikan yang letaknya tak jauh dari pantai ini sekitar 750 meter anda dapat membeli ikan segar oleh para nelayan setempat.

Jangan lupa menjajal rujak buah yang khas di Pantai Natsepa. Pantai itu dikenal dengan rujak buahnya yang segar banyak sekali dijual disekitar pantai. Buah-buahan seperti mangga dan juga jambu bercampur dengan saus kacang gula merah pastina sangat menyegarkan suasana disiang hari.

Wisata Pantai Pintu Kota – Pulau Maluku Ambon

Pantai Pintu Kota

Pantai tersebut menjadi ikon sekaligus lokasi wisata di Ambon yang banyak sekali dikunjungi para wisatawan. Berbeda pada pantai-pantai sebelumnya yang mempunyai hamparan pasir tuk berjemur, pantai ini disesaki dengan batuan karang.

Yang unik dari pantai ini yaitu adanya satu tebing karang rakasa yang manghadap ke laut dengan lubang besar mirip sebuah pintu. Ombak yang menghantam tebing-tebing karang menjadi sebuah pemandangan favorit para wisatawan. Tebing karang ini pun seringkali dipakai sebagai latar foto prawedding oleh sejumlah pasangan. Cuma dengan 6.000 Rupiah, Anda sudah dapat menikmati keindahan kawasan wisata di Ambon ini.

Wisata Pantai Santai – Pulau Maluku Ambon

Pantai Santai

Serasi dengan namanya, pantai itu cocok sekali dipakai untuk lokasi bersantai. Lelah dan juga bosan dengan aktivitas harian akan terbayar lunas saat anda tiba ditempat wisata ini. Sekaligus menikmati panorama pantai, janganla lupa tuk membeli pisang goreng dan juga teh manis yang jadi kuliner andalan di pulau wisata ini.

Untuk anda yang suka diving anda tak usah repot-repot lagi membawa peralatan diving dari rumah karena disana suda ada tempat penyewaannya. Pantai Santai ini berada di Desa Latulahat sekitar 16 kilometer dari jantung kota Ambon. Di daerah pantai ini sejumlah Terdapat penginapan. Jadi anda yang ingin menikmati pantai ini lebi dari sehari keinginan itu bisa tersalurkan.

Wisata Pemandian Negeri Tulehu – Pulau Maluku Ambon

Pemandian Negeri TulehuTempat wisata ini terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Ambon serta berada didaerah perbukitan. Ada 2 buah kolam yang suhu airna berbeda. Buat fasilitas, tersedia banyak gazebo, ruang ganti dan juga tempat karaoke dengan Harga 3.00 Rupiah per lagunya.

Suhu air Pada pemandian ini sekitar 57-70 derajat Celcius juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan juga rematik. Saat setelah berendam anda merasa lapar, Anda tidak perlu khawatir. Terdapat banyak penjajah makanan dari mulai ketela rebus, mie rebus hingga teh dan juga kopi hangat. Untuk dapat masuk ke obyek pariwisata ini dan berendam dikolamnya, Anda diwajibkan membayar sekitar 6.000 Rupiah.

Wisata Benteng Ferangi – Pulau Maluku Ambon

Benteng FerangiBenteng pertahanan yang didirikan oleh Portugis pada thn 1575 ini juga dijuluki pula dengan Benteng Victoria alias Benteng Kota Laha. Benteng itu digunakan sebagai sentral pemerintahan dan juga tempat penyimpanan rerempahan di Indonesia sebelah timur.

Bangunan bersejarah itu sekarang menjadi satu dari sekian banyak tempat wisata di Ambon yang banyak sekali dikunjungi. Saat Masuk ke area benteng, Anda bakal disambut dengan meriam-meriam tua yang berukuran raksasa. Kemudian di dalam ruangan, Anda dapat melihat peta perkembangan Ambon dari zaman ke zaman dan juga beberapa benda sejarah warisan Belanda dan juga Portugis.

Wisata Benteng Amsterdam – Pulau Maluku Ambon

Benteng AmsterdamBenteng Amsterdam bentuknya mirip rumah biasa yang terbangun dari 3 lantai. Lantai kesatu menjadi tempat tidur prajurit. Pada Lantai kedua dipakai sebagai ruang pertemuan, pada lantai ketiga ialah pos pemantau. Tidak cuma dari lantai 3 bangunan utama, masih ada suatu menara yang berguna untuk memantau keadaan sekitar.

Benteng Amsterdam adalah benteng ke-2 di Ambon yang didirikan setelah Kastee van Verre. Saat sebelum menjadi benteng pertahanan, obyek pariwisata di Ambon ini merupakan tempat penyimpanan rermpahan hasil rampasan. Berada di Kecematan Hila, Ambon, Anda dapat masuk ke benteng ini dengan gratis.

Wisata Museum Siwalima- Pulau Maluku Ambon

Museum SiwalimaTak berbeda pada kebanyakan kota-kota lain, Ambon pun memiliki museum yang terdiri dari koleksi benda-benda kesenian budaya. Museum Siwalima terbangun dari 2 bangunan utama yakni museum etnografi dan juga museum kelautan.

Bangunan pertama2 adalam museum koleksi etnografi. Di sana, Anda dapat melihat benda-benda yang berkaitan dengan kesenian dan juga budaya dari pada suku asli di Maluku dari mulai miniatur rumah adat, baju tradisional, alat-alat rumah tangga hingga guci-guci peninggalan Jepang.

Berjalan 500 meter, terdapat museum kelautan dgn koleksinya yang tidak kalah menarik. Disamping benda-benda yang berkaitan dengan kehidupan laut penduduk Maluku, museum itu memiliki koleksi 3 buah kerangka ikan raksasa. 3 kerangka ikan tersebut berukuran amat besar yakni 9, 17 lalu 19 meter.

Wisata Masjid Wapauwe – Pulau Maluku Ambon

Masjid WapauweYang unik dari masjid ini ialah tidak ditemukannya paku Pada bangunannya yang dibuat dari pelepah sagu ini. Disamping itu, masjid ini pun masih menyimpan suatu Al Quran yang ditulis tangan serta timbangan beras yang kuno tuk zakat fitrah. Bangunan pada Masjid Wapauwe awalnya cuma berkuran 10 x 10 mtr dan tak ada serambi, tetapi saat ini telah ditambahkan serambi dan juga tempat wudhu.

Tidak cuma keunikan dari bangunan dan juga koleksinya, masjid ini pun dipercaya dapat berpindah tempat sendiri. Dibangun pada thn 1414 di Wawane, Lalu dipindahkan oleh warga ke Tehala yang memiliki jarak 6 kilometer dari lokasi awal. Di tahun 1614, masjid ini berpindah sendiri ke Desa Atetu alias Kaitetu yang berupa lokasi masjid sekarang. Menurut cerita masyarakat setempat masjid itu berpindah dengan sendirinya pada saat waktu menjelang subuh.